• SMP NEGERI 1 RAHA
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Ujian Nasional 2021 Ditiadakan Karena Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19.

"Berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, maka perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan," papar Nadiem dalam SE tersebut, Senin (1/2/2021).

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan 8 poin utama, yang beberapa di antaranya berisi tentang penentu kelulusan siswa di tahun 2021 sebagai pengganti Ujian Nasional.

Penentu kelulusan siswa di tahun 2021

Dalam poin ketiga SE Mendikbud, disebutkan 3 poin yang menentukan apakah siswa dinyatakan lulusan dari satuan atau program pendidikan. Dijelaskan, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah:

  1. Menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.
  2. Memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik.
  3. Mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Selanjutnya, pada poin keempat dijelaskan bentuk ujian pada poin 3 yang bisa dilakukan oleh satuan pendidikan yang akan dilakukan oleh siswa. Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada poin 3, dilaksanakan dalam bentuk:

  1. Portfolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).
  2. Penugasan.
  3. Tes secara luring atau daring, dan/ atau
  4. Bentuk kegiatan penilaian yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud dalam poin 4, dalam poin selanjutnya disebutkan peserta didik sekolah menengah kejuruan (SMK) jug dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Syarat kenaikan kelas hingga PPDB di tengah pandemi

Kenaikan kelas dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

Untuk siswa yang mengikuti ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk:

  1. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap / perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).
  2. Penugasan.
  3. Tes secara luring atau daring dan/atau Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMPN 1 Raha Adakan Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Siswa

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan dasar yang sangat penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Menyadari hal tersebut SMP Negeri 1 Raha mengadakan kegiatan Latihan Dasar k

07/02/2022 09:06 - Oleh Admin - Dilihat 329 kali
BANGGA! Empat Siswa SMP Negeri 1 Raha Berhasil Lolos KSN Tingkat Propinsi

SMP Negeri 1 Raha patut berbangga, pasalnya empat siswanya berhasil lolos Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Propinsi Sulawesi Tenggara. Empat siswa tersebut berhasil mengalahkan pe

25/09/2021 10:45 - Oleh Admin - Dilihat 488 kali
Dukung Program Pemerintah SMP Negeri 1 Raha Gelar Pengumuman Secara Online

Gebrakan baru dilakukan oleh SMP Negeri 1 Raha. Sekolah yang beralamat di Jalan Jendral Basuki Rachmat ini mengadakan pengumuman ujian kelulusan siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021

07/06/2021 08:53 - Oleh Admin - Dilihat 319 kali
SMP Negeri 1 Raha Mengadakan Simulasi Ulangan Semester Berbasis Komputer

Sabtu, tanggal 29 Mei 2021 UPTD SMPN 1 Raha mengadakan simulasi ulangan semester genap tahun pelajaran 2020/2021 secara online. Kegiatan ini diadakan di ruang komputer SMPN 1 Raha. Kegi

31/05/2021 10:23 - Oleh Admin - Dilihat 469 kali
Kemendikbud Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. Program kali ini ditujukan khususnya

07/03/2021 13:25 - Oleh Admin - Dilihat 336 kali